Tim KOSP SDN Margomulyo 1 Susun Dokumen 1 KOSP - SDN Margomulyo 1 Ngawi

Berita

Berlandaskan Iman dan Taqwa Menuju Sekolah yang Unggul, Mandiri, Terpercaya dan Peduli Lingkungan

Kamis, 07 Juli 2022

Tim KOSP SDN Margomulyo 1 Susun Dokumen 1 KOSP

Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

 

Tim KOSP SDN Margomulyo 1 Ngawi Tengah Menyusun Dokumen 1 KOSP

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU Sisdiknas/2003).  Pemerintah pusat menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum yang menjadi acuan untuk pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

 

Komponen dalam  kurikulum operasional  ini disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan  satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, dokumen ini juga merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik.

 

Hasil studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran yang cukup lama. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang kurang mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Temuan itu juga juga memperlihatkan kesenjangan pendidikan yang curam di antarwilayah dan kelompok sosial di Indonesia. Keadaan ini kemudian semakin parah akibat merebaknya pandemi Covid-19

 

Hari ini, Kamis (07/07/22) bertempat di ruang meeting SDN Margomulyo 1, Tim pengembang KOSP SDN Margomulyo 1 Ngawi tengah mengadakan sosialisasi sekaligus menyusun Dokulen 1 KOSP. Budi Utomo selaku mentor dari kegiatan ini menjelaskan bahwa dari pertemuan ini nantinya diharapkan akan menghasilkan sebuah Dokumen KOSP yang dinamis, yang diperbarui secara berkesinambungan, menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan, dan bisa terus dikembangkan. Dokumen hasil perancangan ini nantinya akan diterapkan untuk pembelajaran yang akan datang. (ArliBuono)

Tim KOSP SDN Margomulyo 1 Ngawi Tengah Menyusun Dokumen 1 KOSP

 

Tim KOSP SDN Margomulyo 1 Ngawi Tengah Menyusun Dokumen 1 KOSP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar