SDN Margomulyo 1 Raih Adiwiyata Mandiri 2021 - SDN Margomulyo 1 Ngawi

Berita

Berlandaskan Iman dan Taqwa Menuju Sekolah yang Unggul, Mandiri, Terpercaya dan Peduli Lingkungan

Kamis, 18 November 2021

SDN Margomulyo 1 Raih Adiwiyata Mandiri 2021

Penyerahan piagam Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri

Satu diantara berbagai program Kementrian Negara Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan akan kesadaran warga sekolah dalam melestarikan lingkungan hidup adalah Adiwiyata. 

 

Dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 05 Tahun 2013 yaitu tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata menyatakan bahwa sekolah adiwiyata yaitu suatu program untuk dapat mewujudkan sekolah yang peduli serta berbudaya lingkungan. 

 

Adiwiyata sendiri memiliki makna sebagai satu tempat yang baik dan ideal untuk memperoleh sagala ilmu pengetahuan dan berbagai norma dan etika. Hal inilah yang menjadi dasar manusia untuk menuju terciptanya kesejahteraan hidup dalam menuju pada cita-cita pembangunan yang berkelanjutan. 

 

Setelah dinobatkan sebagai sekolah adiwiyata nasional pada tanggal 06 Desember 2019, SDN Margomulyo dibawah kepemimpinan Winartiningsih, S.Pd., M.M.Pd bertekat untuk meraih predikat tertinggi bagi sekolah adiwiyata, yaitu Adiwiyata Mandiri, dan terbukti pada tanggal 17 November 2021 berkat kerja keras dan kekompakan tim beserta seluruh warga sekolah, SDN Margomulyo 1 berhasil dinobatkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. 

Piagam Adiwiyata Mandiri SDN Margomulyo 1 Ngawi

 

Winartiningsih, S.Pd., M.M.Pd selaku kepala sekolah SDN Margomulyo 1 mengaku lega, bersyukur sekaligus bangga karena diakhir masa kepemimpinannya cita-citanya untuk mewujudkan SDN Margomulyo 1 sebagai sekolah berpredikat Adiwiyata Mandiri bisa tercapai. Di tahun ini, sebanyak 344 sekolah memenuhi kriteria dan mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional. Sedangkan yang memenuhi kriteria dan meraih penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri adalah 77 sekolah. 

 

Keberhasilan ini tentunya juga berkat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini beliau ingin menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam pencapaian ini baik itu dari dinas-dinas terkait, komite sekolah, guru dan karyawan serta murid-murid SDN Margomulyo 1 Ngawi. 

 

Selanjutnya beliau juga berpesan agar keberhasilan ini dapat dipertahankan karena merawat dan mempertahankan apa yang telah kita raih akan terasa lebih berat daripada ketika kita berjuang untuk meraihnya. (ArliBuono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar